Belajar di Kampus Merdeka Wajib Ada 9 Hal Ini

Belajar di Kampus Merdeka Wajib Ada 9 Hal Ini

Ketika kamu kuliah di kampus atau perguruan tinggi, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Salah satunya ialah karakteristik proses pembelajarannya.

Seperti apa karakteristiknya? Simak informasi yang dirangkum dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 3 Tahun 2020 ini. Permendikbud ini isinya tentang standar nasional pendidikan tinggi. Peraturan tersebut untuk menjalankan kebijakan dari Mendikbud Nadiem Makarim yang baru-baru ini meluncurkan kebijakan baru bertajuk ” Kampus Merdeka”. Adapun Kampus Merdeka adalah bagian dari konsep ” Merdeka Belajar” yang sebelumnya telah diluncurkan pada akhir 2019. Dalam Kampus Merdeka itu terdapat empat penyesuaian kebijakan di lingkup pendidikan tinggi.

Di Permendikbud 3/2020 Pasal 10 berbunyi standar proses pembelajaran merupakan kriteria minimal tentang pelaksanaan pembelajaran pada program studi untuk memperoleh capaian pembelajaran lulusan. Dalam proses pembelajaran itu ada 9 karakteristik yang ingin dicapai.

Berikut isi dari pasal 11:

1. Interaktif Dalam pasal 11, sifat interaktif menyatakan bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih dengan mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen.

2. Holistik Karakteristik holistik menyatakan bahwa proses pembelajaran mendorong terbentuknya pola pikir yang komprehensif dan luas dengan menginternalisasi keunggulan dan kearifan lokal maupun nasional.

3. Integratif Capaian pembelajaran lulusan bisa diraih melalui proses pembelajaran yang terintegrasi. Ini untuk memenuhi capaian pembelajaran lulusan secara keseluruhan dalam satu kesatuan program, melalui pendekatan antardisiplin dan multidisiplin.

4. Saintifik Selain itu, capaian pembelajaran lulusan juga dapat diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pendekatan ilmiah. Tujuannya agar tercipta lingkungan akademik yang berdasarkan sistem nilai, norma, dan kaidah ilmu pengetahuan serta menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan kebangsaan.

5. Kontekstual Capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam ranah keahliannya.

6. Tematik Untuk karakteristik ini, dijelaskan bahwa capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik keilmuan program studi dan dikaitkan dengan permasalahan nyata melalui pendekatan transdisiplin.

7. Efektif Capaian pembelajaran lulusan diraih dengan mementingkan internalisasi materi secara baik dan benar dalam kurun waktu yang optimum.

8. Kolaboratif Untuk karakteristik ini, capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran bersama yang melibatkan interaksi antar individu pembelajar untuk menghasilkan kapitalisasi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

9. Berpusat pada mahasiswa Capaian pembelajaran lulusan diraih melalui proses pembelajaran yang mengutamakan pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Dosen dan Mahasiswa, Belajar di Kampus Merdeka Wajib Ada 9 Hal Ini”, https://edukasi.kompas.com/read/2020/02/04/12234281/dosen-dan-mahasiswa-belajar-di-kampus-merdeka-wajib-ada-9-hal-ini?page=all.
Penulis Asli : Albertus Adit


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *