PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH-PATRIA AKADEMIKA

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH-PATRIA AKADEMIKA

PANDUAN PENULISAN ARTIKEL PUBLIKASI SKRIPSI /TUGAS AKHIR

 

 

 

UNIVERSITAS TRIBHUWANA TUNGGADEWI MALANG

2012

 

Ketentuan Umum

Artikel Publikasi Skripsi / Tugas Akhir merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Penelitian Skripsi atau Tugas Akhir yang dilakukan oleh mahasiswa UNITRI sebagai syarat penyelesaian Studi Sarjana dibawah bimbingan dosen pembimbing. Sebagai bagian yang tidak terpisahkan Artikel Publikasi harus disusun, dievaluasi, dicantumkan dalam laporan Skripsi / Tugas Akhir dan di publikasikan. Publikasi bagi Artikel Publikasi mahasiswa UNITRI ditetapkan dilakukan pada ruang media publikasi elektronik PATRIA AKADEMIKA

Artikel Publikasi harus telah di serahkan pada saat pendaftaran ujian Skripsi / Tugas Akhir, dan publikasikan melalui media yang ditetapkan selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari setelah pernyataan kelulusan dinyatakan sidang ujian skripsi / tugas akhir diberikan. Hingga Artikel Publikasi diterbitkan, ijasah maupun pernyataan kelulusan atas mahasiswa bersangkutan tidak dikeluarkan.

Bagian selanjutnya dari Pedoman ini dibuat untuk menjadi acuan dan keseragaman format penulisan artikel publikasi di lingkungan Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

 

Sistematika Penulisan

Secara umum, kecuali bagian Judul (a), Nama Penulis (b) dan Abstrak (c), badan tulisan Artikel Publikasi dibuat dalam dua kolom. Kecuali Judul Bahasa Indonesia yang menggunakan ukuran huruf 14pt, seluruh badan Artikel Publikasi ditulis menggunakan jenis huruf Times New Roman 12pt dalam spasi tunggal. Jumlah halaman naskah keseluruhan tidak melebihi 15 halaman dengan format batas atas dan kiri berjarak 3,5 cm, kanan dan bawah 2,5 cm dari tepi kertas A4.

Sistematika artikel publikasi meliputi:

  1. JUDUL

Judul dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Judul artikel yang baik bersifat ringkas, informatif dan deskriptif, terdiri dari sejumlah kata yang seminimal mungkin, tepat menggambarkan isi tulisan yang mengandung konsep atau hubungan antar konsep; tepat dalam memilih dan menentukan urutan kata. Untuk itu disarankan Judul menggunakan tidak lebih dari 20 kata. Judul tulisan hendaknya menggambarkan isi pokok tulisan secara ringkas dan jelas dan tidak terlalu spesifik. Penggunaan singkatan atau formula kimia sebaiknya dihindari. Judul di tempatkan dengan alinasi tengah serta ditulis dengan huruf besar (kapital), istilah bahasa asing ditulis dengan huruf miring (italic). Judul Artikel Publikasi dapat tidak sama persis dengan judul laporan Skripsi / Tugas Akhir, namun dengan jelas telah menggambarkan laporan Skripsi / Tugas akhir.

Contoh :

PERAN PEREMPUAN DALAM PERKEMBANGAN BANK DESA

Womens Role on Village Bank Development

 

  1. NAMA PENULIS

Nama penulis terdiri dari nama mahasiswa sebagai penulis utama dan nama dosen pembimibing sebagai anggota penulis. Program studi mahasiswa dan program studi / insatansi dosen pembimbing, serta alamat email konfirmasi untuk artikel bersangkutan dicantumkan sebagai catatan kaki (foot note) di bagian bawah kiri halaman judul. Catatan kaki tersebut berukuran huruf 10pt.

 Contoh :

Putra Wijaya Abadi1), Ariffin M. Noer2) dan Mieke Wijaya3)

  1.  dan 2) Program Studi Agribisnis
  2.  Balai Penelitian Perbankan – Jawa Timur agribisnis@unitri.ac.id

 

  1. ABSTRAK

Abstrak merupakan intisari seluruh hasil penelitian Skripsi / Tugas akhir. Abstrak ditulis dengan menggunakan tidak lebih dari 250 kata dalam Bahasa Indonesia serta disertai tulisan dalam bahasa Inggris. Abstrak memuat secara ringkas latar belakang penelitian, tujuan, teori utama, bahan dan metode yang digunakan, hasil temuan serta simpulan. Rincian perlakuan tidak perlu dicantumkan, kecuali jika memang merupakan tujuan utama penelitian. Di bawah abstrak disertakan 3-5 kata kunci (key words) istilah-istilah yang mewakili ide-ide atau konsep-konsep dasar yang dibahas dalarn artikel.

 

  1. PENDAHULUAN

Pendahuluan permasalahan utama yang menjadi latar belakang penelitian. Latar belakang juga memuat secara ringkas dan jelas konsep atau hasil penelitian sebelumnya. Bagian ini juga memuat pustaka yang benar-benar penting dan relevan dengan permasalahan dan memberikan justifikasi dilakukannya penelitian atau ditariknya sebuah hipotesis. Bagian ini diakhiri dengan pernyataan tujuan penelitian.

 

  1. METODOLOGI 

Secara prinsip Metodologi dapat menjelaskan rincian, alur dan tahapan penelitian. Sehingga memungkinkan penelitian yang sama dapat dilakukan dimasa mendatang (prinsip reproduceable dan repeatable). Jika metodologi memuat beberapa eksperimen / analisis, setiap eksperimen dan analisa di jelaskan. Spesifiksai berbagai bahan dan peralatan yang digunakan harus dijelaskan sehingga memungkinkan peneliti lain untuk memperoleh bahan / alat serupa untuk penelitian selanjutnya. Metodologi penelitian sosial harus memuat dengan jelas dalil referensi atas metode, batasan variabel, metode analisis atau model yang digunakan. Berkenaan dengan rincian metode, model, alat dan bahan, bila diperlukan dapat digambarkan flowchart, kerangka pemikiran, model matematis, denah atau spesifikasi teknis dan konstruksi yang di muat dalam lampiran. Jika metode atau sebagian metode teknis yang digunakan, pernah digunakan sebelumnya, maka acuan pustaka tentang metode tersebut harus dicantumkan dalam bagian ini.

Contoh :

Contoh penulisan spesifikasi alat dan bahan :

o    Penelitian ini menggunakan ayam pedaging strain Tanker Hot, Produksi PT. Alfa Breeding Indonesia, tanpa pembedan jenis kelamin. Ayam dipelihara sejak DOC dengan berat 47,99 + 4,93gr / ekor. Dst

o    Aspergilus Niger yang digunakan dalam penelitian ini adalah Aspergilus niger yang dikembangbiakkan oleh Laboratorium Biologi, Fakultas Kedokteran Universitas Dwiputra Surabaya, periode pembiakan Juni 2010 – 2011.

  • Berat Komponen di ukur dengan menggunakan timbangan elektronik Casio 3200 PWT – yang telah ditera ulang pada tanggal 23 Januari 2010

 

Contoh penulisan rujukan metode analisa :

Analisis data menggunakan analisis regresi linear dengan model sebagaimana digunakan dalam penelitian Mulyadi (2001) sebagai berikut :

Produksit = β0 + β1Periode Waktu

Dimana :

Produksit :Produksi Kentang pada tahun ke t

β0: Nilai Produksi Kentang saat Periode Waktu = 0

β1 : Koefisien Produksi dalam satu rentang waktu t

Periode Waktu   : Periode waktu dalam rentang waktu data

Contoh penulisan batasan variabel :

Panjang Daun : Panjangnya daun yang diukur dari pangkal tangkai daun ke bagian ujung daun dalam satuan cm.

Pds (Pendapatan suami) : dinyatakan dengan nilai rata-rata besarnya gaji yang tertulis dalam struk gaji resmi tiga bulan terakhir.

 

  1. HASIL DAN PEMBAHASAN

Bagian ini menjelaskan tentang apa saja yang diperoleh dari penelitian. Data dapat diringkas dalam bentuk tabel dan atau gambar. Judul Tabel dan Gambar diberi nomor dan Judul diawali dengan huruf besar. Ilustrasi Gambar dan Tabel yang baik harus jelas tanpa penjelasan tambahan didalam naskah. Foto dapat digunakan untuk mendukung atau menggambarkan visual yang lebih detail.

Penulisan judul tabel letaknya di bagian atas, nama gambar termasuk foto letaknya di bagian bawah, dengan nomor urut angka Arab. Foto di sajikan dengan format hitam putih dan berwarna dengan ukuran antara 1 / 4 ¼ halaman sampai 1 / 2 halaman. Untuk ilmu eksakta, penulisan satuan ukuran menggunakan sistem IU (International Unit System)

 Hasil yang disampaikan hanya yang bermakna (meaningfull), relevan dengan tujuan penelitian dan menjawab tujuan penelitian. Apabila diperoleh hasil diluar dugaan yang tidak sesuai dengan tujuan penelitian diberikan paragrap untuk meninjau hasil tersebut secara khusus.

Penting diingat pada bagian yang mengurai hasil penelitian untuk tidak mengemukakan spekulasi. Seluruh bagian ini hanya mengemukakan fakta yang ditemukan, uraian dan interpretasi analisa.

Pembahasan pada dasarnya mengkaitkan hasil penelitian yang diperoleh dengan teori atau konsep utama dan/atau membandingkan hasil penelitian dengan hasil penelitian lain yang telah dipublikasikan lebih dulu. Pembahasan sedapatnya juga membahas implikasi / dampak hasil penelitian bagi ilmu pengetahuan dan pemanfaatannya.

 

  1. KESIMPULAN

Kesimpulan pada dasarnya merupakan penegasan peneliti mengenai hasil dan pembahasan penting. Kesimpulan ditarik dari hasil dan pembahasan dengan mengacu pada tujuan penelitian, artinya setiap tujuan penelitian harus dijawab oleh setiap kesimpulan yang di tarik. Saran harus didasarkan pada kemungkinan pengembangan teori / konsep atau kemungkinan penelitian lanjutan untuk menjawab pertanyaan baru yang muncul dari penelitian.

  1. UCAPAN TERIMA KASIH

Apabila diperlukan, dapat secaara ringkas disampaikan ucapan terima kasih pada instansi, kelompok atau perorangan yang berperan dalam pelaksanaan penelitian.

  1. DAFTAR PUSTAKA

Hanya Bahan rujukan (referensi) yang disebutkan dalam teks Artikel Publikasi saja yang perlu di sajikan dalam Daftar Pustaka. Tata cara penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut :

  • Nama Pustaka disusun berdasarkan abjad nama akhir penulis pertama.
  • Nama penulis didahului nama famili / nama terakhir diikuti huruf pertama nama kecil/nama pertama, baik pada penulis pertama, kedua maupun seterusnya
  • Judul karangan untuk buku ditulis dengan huruf besar pada setiap awal kata, kecuali kata sambung dan kata depan, sedangkan untuk sumber publikasi penelitian / jurnal hanya pada awal judul.
  • Nama Majalah / Jurnal / Buletin ditulis dengan singkatan baku.
  • Pustaka dari Jurnal Penelitian, Tahun, Volume, dan halaman dituliskan dengan lengkap.
  • Pustaka dari internet disertai tanggal pada saat mengutip

 

Contoh :

Contoh penulisan pustaka jurnal :

Tabee, E., S. Azadmard-Damirchi, M. Jagerstad, and P. C Dutta. 2008. Effects of [alpha]-tocopherol on oxidative stability and phytosterol oxidation. J Am Oil Chem Soc. 85:857-867.

Contoh penulisan pustaka buku :

  • Krishnamurthy, R. and M. Kellens.1995. Fractionation and Winterization. In Y-H.Hui (ed.). BaileyÊs Industrial Oil and Fat Products. Edible Oil and Fat Products: Processing Technology. 5th ed. Vol. 4. A John Wiley & Sons, Inc., New York.
  • Hartel, R.W. 2001. Crystallization in Foods. A Wolters Kluwer Co., USA

Contoh penulisan pustaka editor buku :

Koentjaraningrat             (ed).               1983. Metode-Metode               Penelitian Masyarakat. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.

Contoh penulisan pustaka buku terjemahan :

Scott, J.C. 2000. Era Baru Bisnis Internasional. Terjemahan Aladin Sinaga, Sayogyo dan Mien Sugandhi. Jakarta: Yayasan Ublik Indonesia.

Contoh penulisan e-jurnal dari internet :

Herman,  Jodee  L.,and  Matt  R.Raven.  2005. „Computer-Administered Surveys in Agricultural Extension‰. Journal of Agricultural Extension 33                                (June).                              E-Joumal                             on-line. Melalui http://www.joe.org/june33/95 .html [17 Juni 2012]

Contoh penulisan pustaka dari internet:

Fontana AJ. 2000. Water ActivityÊs Role in Food Safety and Quality. http://www.decagon.com/appnotes/aw&safety.pdf. [21 Desember 2004]

  1. LAIN-LAIN

Catatan kaki (footnote) ditulis di bagian bawah dan digunakan sebagai informasi program studi dan alamat penulis pada halaman Judul. Penulisan Artikel Publikasi wajib menggunakan lembar (sheet) dengan kop (header) dan keterangan yang ditetapkan dan disiapkan pengelola Patria Akademika (terlampir)

Naskah artikel diserahkan dalam bentuk soft-copy (melalui email atau didalam CD) selambat-lambatnya 30 hari setelah pernyataan kelulusan, ujian Skripsi / Tugas akhir secara langsung ke Sub Bagian Akademik atau melalui email dak@unitri.ac.id dengan subjek : Artikel Publikasi <Nama> <NPM> <Program Studi>

 

Tatacara Pengajuan Penerbitan

Untuk mendukung pelaksanaan penerbitan Artikel Publikasi Skripsi / TA, dilibatkan lembaga dengan tugas dan tanggung jawab sebagai berikut :

  • Mahasiswa, mahasiswa di dampingi Dosen Pembimbing menyusun Artikel Publikasi dan menyerahkan Artikel tersebut bersmaan dengan penyerahan berkas pengajuan ujian Skripsi / TA.
  • Dosen Pembimbing, dalam panitia khusus / tim pekerja maupun perseorang melakukan verifikasi dan koreksi terhadap artikel Publikasi yang disusun mahasiswa. Wewenang selanjutnya dosen pembimbing adalah mengesahkan artikel publikasi Skripsi / TA yang telah diperbaiki. Artikel yang telah di sahkan selanjutnya akan di laporkan mahasiswa bersngkutan untuk di terbitkan.
  • Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan, menerima dan mengolah Artikel yang telah disahkan serta soft copy tulisan penuh Skripsi / TA. Selanjutnya Artikel yang diolah di olah dan terbitkan ke Patria Akademika. Demikian pula artikel penuh yang diterima bersama dengan artikel yang telah diterbitkan selanjutnya diserahkan pada Perpustakaan untuk diarsipkan. Direktorat akademik dankemahasiswaan juga bertanggung jawab mengolah data artikel yang diterbitkan kedalam bentuk data CVS. Data CVS selanjutnya di teruskan ke WebMaster unitri.ac.id.
  • WEB MASTER, bertanggung jawab melakukan pengiriman data dan update data artikel publikasi yang diterbitkan ke GARUDA – Dirjen Dikti.
  • Perpustakaan, menerima Hard Copy dari mahasiswa dan menerima Soft Copy Artikel Publikasi yang telah disetujui dosen pembimbing. Selanjutnya berbagai data tersebut dioleh oleh Perpustakaan untuk memperkaya koleksi perpustakaan konvensional maupun koleksi digital

 

PENGUMUMAN

Diberitahukan kepada :

Seluruh Mahasiswa, Dosen Pembimbing dan KPS di lingkungan Universitas Tribhuwana Tunggadewi, Malang

Sehubungan dengan Kebijakan Dirjen DIKTI untuk, memberlakukan kewajiban menerbitkan Artikel Publikasi atas Hasil Penelitian Skripsi / Tugas akhir mahasiwa, dengan ini diberitahukan ketentuan sebagai berikut:

  1. BAGI MAHASISWA YANG MELAKSANAKAN UJIAN SKRIPSI

          SEBELUM 31 AGUSTUS 2012

o Wajib Menyerahkan RINGKASAN / ABSTRAK Skripsi / TA yang telah disetujui Dosen Pembimbing dalam Bentuk :

  1.  Soft Copy (melalui email dak@unitri.ac.id) dan
  2.  Hard Copy diatas kertas A4
  1. Persetujuan dinyatakan dengan Tandatangan Dosen

Pembimbing pada HARDCOPY RINGKASAN / ABSTRAK

  1. Abstrak merupakan intisari seluruh hasil penelitian Skripsi / Tugas akhir. Abstrak ditulis dengan menggunakan tidak lebih dari 250 kata dalam Bahasa Indonesia serta disertai tulisan dalam bahasa Inggris. Abstrak memuat secara ringkas latar belakang penelitian, tujuan, teori utama, bahan dan metode yang digunakan, hasil temuan serta simpulan. Rincian perlakuan tidak perlu dicantumkan, kecuali jika memang merupakan tujuan utama penelitian. Di bawah abstrak disertakan 3-5 kata kunci (key words) istilah-istilah yang mewakili ide-ide atau konsep-konsep dasar yang dibahas dalarn Skripsi / TA.
  1. BAGI MAHASISWA YANG MELAKSANAKAN UJIAN SKRIPSI SETELAH 31 AGUSTUS 2012
  1. Wajib Menyerahkan ARTIKEL PUBLIKASI dari Skripsi / TA yang telah disetujui Dosen Pembimbing sesuai dengan PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL PUBLIKASI
  2. Penyerahan Artikel Publikasi dilakukan SAAT PENYERAHAN BERKAS PENDAFTARAN UJIAN SKRIPSI
  3. Pedoman dapat di unduh / download di www.unitri.ac.id

Demikian Pengumuman ini disampaikan. Informasi Lebih Lanjut hubungi Program studi Masing-masing atau DAK UNITRI.

DAK UNITRI – Agustus 2012


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *