Praktikum Matakuliah Tanaman Dalam Lanskap Di Kebun Raya Purwodadi

Praktikum Matakuliah Tanaman Dalam Lanskap Di Kebun Raya Purwodadi

Oleh : Nur Hidayatin – AL.2017

Seorang arsitek lanskap diharuskan mengetahui berbagai jenis tanaman. Baik tanaman peneduh, perdu, semak, rambat maupun tanaman yang lainnya. Tanaman selalu digunakan dalam pembuatan desain terutama taman, hutan kota, perumahan dan sebagainya. Dalam matakuliah tanaman dalam lanskap kami diajari untuk mengenali jenis-jenis tanaman, fungsi dan klasifikasinya. Tanaman sangan penting bagi lingkungan kita, tanaman menyediakan tempat untuk kita berteduh, menyediakan uadara yang segar dan pemandangan yang indah. Matakuliah tanaman dalam lanskap yang di tempuh oleh kami dan ibu Debora Budiyono SP., MSi sebagai dosen pengampu matakuliah melakukan kegiatan praktikum. Kegiatan praktikum dilakukan di Kebun Raya Purwodadi pada hari sabtu 4 mei 2019.

Praktikum ini adalah syarat untuk dapat mengikuti UTS nantinya, dan agar kami dapat lebih mengenal klasifikasi tanaman secara langsung. Dari kampus kami pergi ke lokasi menggunakan angkutan umum kurang lebih selama 1 jam. Sesampainya kami di lokasi kami langsung di arahkan oleh ibu debora dan di bagi menjadi 5 kelompok dengan jenis tanaman yang berbeda namun yang di amati sama yaitu klasifikasinya. Kelompok 1 mendapatkan jenis tanaman palem, kelompok 2 kaktus, kelompok 3 bambu, kelompok 4 paku-pakuan, dan kelompok 5 pisang-pisangan. Setelah di bagikan kelopok kami langsung berpencar bersama kelompok kami masing-masing untuk langsung mengamati klasifikasi dari tanaman kami. Tanaman yang terdapat di Kebun Raya Purwodadi sangan beragam dari satu familly hingga familly yang berbeda. Banyak jenis-jenis yang kami amati satu persatu, mulai dari cara perbanyakan, warna daun/bunga, tempat tumbuh, aroma yang dimiliki, tekstur yang di miliki, hingga intensitas cahaya yang di terima oleh tumbuhan. Di Kebun Raya Purwodadi juga tidak hanya terdapat banyak jenis tanaman namun juga terdapat pemandangan yang indah untuk di nikmati.


Dengan indahnya pemandangan dan hijaunya pepohonan kamipun beberapa kali melakukan foto dokumentasi bersama sebagai kenang-kenangan. Setelah melakukan pengamatan dan berfoto bersama kami kembali di arahkan oleh ibu debora untuk melengkapi klasifikasi yang tidak di dapat dengan mencari referensi pada buku-buku atau internet nantinya. Selain klasifikasi kami juga di tugaskan untuk membuat poster dari jenis-jenis tanaman yang kami dapat agar tampak lebih menarik dan dapat di pajang. Karena sudah terlalu siang dan waktu praktikum sudah selesai, kami kembali ke kampus dan pulang.


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *