PRODI AL UNITRI LATIH KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM LANDSCAPE ARCHITECTURE TRANING 2021

PRODI AL UNITRI LATIH KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM LANDSCAPE ARCHITECTURE TRANING 2021

MALANG – Program Studi Arsitektur Lanskap Fakultas Pertanian Universitas Tribhuwana Tunggadewi sukses menggelar Landscape Architecture Training 2021 selama empat hari, 29 Maret-1 April 2021. Kegiatan ini diperuntukkan untuk mahasiswa UNITRI yang telah berada di angkatan 2017-2019 dan menghadirkan pemateri yakni yakni Debora Budiyono, SP., M.Si., dan Irawan Setyabudi, ST., MT.

Ketua pelaksana kegiatan, Mochammad Azkari Hisbulloh Akbar, S.P., M.Han menjelaskan, kegiatan ini merupakan pelatihan yang disiapkan untuk mahasiswa dengan materi dan praktik. Bila biasanya mahasiswa hanya memeroleh materi tutorial, melalui kegiatan ini, mahasiswa untuk dapat langsung praktek menggunakan program-program seperti SketchUp dan Enscape 3D.

“Kegiatan ini diinisiasi oleh Program Studi Arsitektur Lanskap dengan materi seputar Site Survey, Sketch Up Fundamentals, LayOut Essentials, SketchUp for Landscape and Site Design, Enscape Basic Material, Enscape 3D Rendering, Rendering Setting and Setting View, dan Rendering SketchUp to Enscape. Kegiatan berlangsung secara luring dan daring.” Ungkapnya.

Diikuti oleh delapan mahasiswa dari Angkatan 2017-2019, pelatihan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk lebih mendalami dan memahami materi selama perkuliahan serta menumbuhkan kreatifitas mahasiswa.

“Diharapkan mahasiswa juga paham dengan beberapa komponen dan grup yang ada di dalam aplikasi atau software dari materi-materi yang kita sampaikan. Semoga mereka bisa berlatih agar tidak kaku menggunakan software-software ini.”

Salah satu peserta kegiatan, Nur Hidayatin Munawarah menjelaskan, kegiatan ini sangat membantu skill mahasiswa. Dari yang awalnya sekedar tahu luarnya saja, peserta diajak untuk lebih mengetahui skill secara lebih mendalam.

“Saya pribadi jadi lebih tahu tentang aplikasi sketchup dan enscape. Jadi sekarang saya sudah bisa membuat desain taman dengan mode malam, trus tahu cara pengambilan gambar.”

Titin berharap kedepan akan banyak kegiatan-kegiatan serupa dapat dihadirkan.

Setelah kegiatan ini usai dilaksanakan, rencana selanjutnya ialah melakukan pengajuan untuk reward mahasiswa. Mengingat pelatihan seperti ini sebenarnya adalah awal dari seluruh Latihan yang perlu dilakukan, diharapkan mahasiswa yang ikut dapat memiliki akses untuk membuka program Enscape secara gratis selama dua tahun. Hal ini mengingat, program ini tidak gratis dan mahasiswa dirasa perlu memiliki program original sehingga mereka dapat melatih skillnya agar menjadi lebih baik lagi.


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *