BERBAGAI MACAM SOFTWARE UNTUK DESAIN ARSITEKTUR LANSKAP (PART 1)

BERBAGAI MACAM SOFTWARE UNTUK DESAIN ARSITEKTUR LANSKAP (PART 1)

Pertama, adalah software modelling. Software ini disebut software dalam membuat model secara 3dimensi mulai dari awal hingga selesai. Umumnya software ini bagi kita arsitektur lanskap untuk membuat tapak, model taman atau gambar kerjanya. Memang software ini tidaklah murah, tapi kita bisa mencoba atau trial terlebih dahulu, atau juga mencari student license. Beberapa software modelling ini yang populer antara lain Autocad, Sketchup, 3dsMax, dan arcGIS.

Autocad

Deskripsi :

AutoCAD adalah perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Keluarga produk AutoCAD, secara keseluruhan, adalah software CAD yang paling banyak digunakan di dunia.

AutoCAD digunakan oleh insinyur sipil, land developers, arsitek, insinyur mesin, desainer interior dan lain-lain.

Format data asli AutoCAD, DWG, dan yang lebih tidak populer, Format data yang bisa dipertukarkan (interchange file format) DXF, secara de facto menjadi standard data CAD. Akhir-akhir ini AutoCAD sudah mendukung DWF, sebuah format yang diterbitkan dan dipromosikan oleh Autodesk untuk mempublikasikan data CAD.

AutoCAD saat ini hanya berjalan disistem operasi Microsoft. Versi untuk Unix dan Macintosh sempat dikeluarkan tahun 1980-an dan 1990-an, tetapi kemudian tidak dilanjutkan. AutoCAD masih bisa berjalan di emulator seperti Virtual PC atau Wine.

AutoCAD dan AutoCAD LT tersedia dalam bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, Jepang, Korea, Tionghoa Sederhana, Tionghoa Tradisional, Rusia, Ceko, Polandia, Hongaria, Brasil, Portugis, Denmark, Belanda, Swedia, Finlandia, Norwegia dan Vietnam.

Versi Autocad terbaru saat ini adalah Autocad 2019

Persyaratan Sistem :

Sistem operasi

Microsoft® Windows® 7 SP1 dengan Pembaruan KB4019990 (32-bit & 64-bit)

Microsoft Windows 8.1 dengan Pembaruan KB2919355 (32-bit & 64-bit)

Pembaruan Peringatan Ulang Tahun Microsoft Windows 10 (hanya 64-bit) (versi 1607 atau lebih tinggi)

Dasar Prosesor: prosesor 2.5–2.9 GHz

Disarankan: prosesor 3+ GHz

Memory Basic: 8 GB Direkomendasikan: 16 GB

Resolusi Tampilan Layar Konvensional:

1920 x 1080 dengan True Color

 

Resolusi Tinggi & Layar 4K:

Resolusi hingga 3840 x 2160 didukung pada sistem Windows 10, 64 bit (dengan kartu tampilan yang mampu)

Kartu Display Dasar: GPU 1 GB dengan Bandwidth 29 GB / s dan DirectX 11

Direkomendasikan: GPU 4 GB dengan Bandwidth 106 GB / s dan DirectX 11

Disk Space 6,0 GB

Browser Google Chrome ™ (untuk Web AutoCAD)

Penyebaran Jaringan melalui Penyebaran Penyebaran.

 

Harga resmi Autocad 2019 : $1,575.00 /tahun setara Rp22.465.406,25/tahun (per maret 2019 dengan 1 dolar = 14.263,75 rupiah). Harga ini adalah harga langganan per tahun.

Link Download Resmi : https://www.autodesk.com/products/autocad/overview#

 

Sketchup

Deskripsi

Sketchup merupakan salah satu software yang mempunyai fungsi dalam desain grafis model 3 dimensi yang digunakan dan dirancang untuk para profesional di bidang teknik sipil, arsitektur, dalam pembuatan game, film, dan rancangan yang terkait didalamnya.

Perkembangan SketchUp Software ini dikembangkan oleh perusahan [email protected] last software boulder, colorado yang di bentuk pada tahaun 1999. Pada tahun 2000 sketchup di fungsikan sebagai alat dalam desain 3D. Penghargaan yang dimenangkan Commty Choise Award pada sebuah pameran pada tahun 2000.

Software SketchUp Make ( Free )

Perangkat lunak desain grafis ini dikembangkan oleh trimble, menyediakan software yang dapat di download secara gratis.

 

Software SketchUp Pro

Selain gratis, trimble juga menyediakan software pro ( berbayar ) dengan harga USD 590,00. Pendesain grafis banyak menggunakan software berbayar karena pada sketchup free sebagian menu belum bisa digunakan sementara pada sketchup pro semua menu bisa digunakan dan untuk imfort lebih banyak dibandingkan dengan SketchUp free ( gratis ).

ToolBar Utama

  1. Pencil : Menuangkan garis di gambar dengan sebuah titik, ini lebih mudah karena saat garis sudah lurus ke tempat yang diinginkan, maka titik akhirnya menjadi hijau
  2. Rectangle (Persegi), Circle (Lingkaran), Arc (Garis Lengkung) : Membentuk suatu bangun datar untuk diolah nantinya menjadi 3D
  3. Push/Pull : inilah dasar dari 3D, setelah dibuat suatu bidang datar pada area gambar, maka anda dapat menggunakan tool ini untuk membuatnya menjadi 3D

Dan masih ada banyak fitur lainnya yang ada di SketchUp seperti zoom, eraser dan lain lain.

Kelebihan Sketchup

Interface yang menarik dan simple

Mudah digunakan oleh golongan pemula sekalipun

Banyak open source dan plugin yang mendukung kinerja Sketchup

Terdapat fitur import file keektensi seperti 3ds,dwg,pdf,jpg dll

Aplikasi ringan dijalankan untuk komputer berbasis standard

Kekurangan Sketchup

Karena kesederhanaan Sketchup menjadkan susahnya pemodelan tingkat lanjut meski memakai plugin sekalipun

Terjadi Crash apabila terdapat banyak permukaan patch dan vertex ( terjadi apabila mengimpor model tingkat lanjut misal model manusia dari 3ds max ke Sketchup)

Hasil gambar kurang memuaskan

Sumber : https://aryasuryawanblog.wordpress.com/2016/09/10/fungsi-dan-pengertian-sketchup/

Persyaratan Sistem:

Perangkat lunak

Diperlukan koneksi internet untuk menginstal dan mengotorisasi SketchUp dan menggunakan beberapa fitur.

Microsoft® Internet Explorer 9.0 atau lebih tinggi.

SketchUp Pro membutuhkan .NET Framework versi 4.5.2. Untuk informasi lebih lanjut tentang .NET framework

SketchUp membutuhkan versi Windows 64-bit. Juga, untuk menginstal SketchUp, Windows 8.1 harus terkini dengan Pembaruan Windows.

Boot Camp, VMWare, dan Parallels bukan lingkungan yang didukung.

Perangkat keras yang disarankan

Prosesor 2+ GHz

RAM 8+ GB

700 MB ruang hard disk yang tersedia

Kartu video kelas 3D dengan memori 1 GB atau lebih tinggi dan mendukung akselerasi perangkat keras. Harap pastikan bahwa driver kartu video mendukung OpenGL 3.0 atau lebih tinggi dan terbaru.

Kinerja SketchUp sangat bergantung pada driver kartu grafis dan kemampuannya untuk mendukung OpenGL 3.0 atau lebih tinggi. Untuk menguji kompatibilitas kartu grafis Anda, silakan unduh dan jalankan aplikasi SketchUp Checkup. Secara historis, orang-orang telah melihat masalah dengan kartu berbasis Intel dengan SketchUp. Kami tidak merekomendasikan menggunakan kartu grafis ini dengan SketchUp saat ini. 3-tombol, gulir-roda mouse.

Perangkat keras minimum

Prosesor 1 GHz

RAM 4GB

Ruang hard disk kosong 500MB

Kartu video kelas 3D dengan memori 512 MB atau lebih tinggi dan mendukung akselerasi perangkat keras. Harap pastikan bahwa driver kartu video mendukung OpenGL 3.0 atau lebih tinggi dan terbaru.

Versi Sketchup :

Perubahan Kompatibilitas

SketchUp 2019

Dengan dirilisnya SketchUp 2019 kami telah menghapus dukungan untuk Mac OS X 10.11 (El Capitan). Anda harus masuk dengan Trimble ID untuk mengakses langganan SketchUp Pro 2019 atau untuk berpartisipasi dalam Uji Coba Gratis. Lisensi SketchUp Desktop 2019 Classic tidak memerlukan proses masuk.

SketchUp 2018

Dengan dirilisnya SketchUp 2018 kami telah menghapus dukungan untuk Mac OS X 10.10 (Yosemite). Tidak ada lagi SketchUp Make untuk diunduh, versi gratis SketchUp kami disebut SketchUp Gratis dan tersedia di semua browser web modern.

SketchUp 2017

Dengan rilis SketchUp 2017, kami telah menghapus dukungan untuk sistem operasi 32-bit, OpenGL 2.0, dan rendering model perangkat lunak (sebagai lawan dari akselerasi perangkat keras). Kami juga menghapus dukungan untuk OS X 10.9 (Mavericks.)

SketchUp 2016

Dengan rilis SketchUp 2016 kami telah menghapus dukungan untuk OS X 10.8 (Mountain Lion) dan sebelumnya.

SketchUp 2015

Dengan dirilisnya SketchUp 2015 kami telah menghapus dukungan untuk Windows Vista, Windows XP dan OS X 10.7 (Lion) dan sebelumnya. SketchUp 2015 dan sebelumnya tidak didukung di Mac OS X Sierra, tetapi didukung pada Mac OS X Mountain Lion, Mavericks, dan Yosemite. Selain itu Anda harus memiliki Microsoft Internet Explorer 9 atau lebih tinggi.

SketchUp 2014

Tidak ada perubahan persyaratan Sistem yang dibuat.

SketchUp 2013

Dengan rilis SketchUp 2013 kami mengurangi tingkat dukungan yang dapat kami tawarkan untuk Windows XP dan menghapus dukungan untuk OS X 10.6 (Snow Leopard) dan sebelumnya.

SketchUp 8

Dengan dirilisnya SketchUp 8 kami menghapus dukungan untuk OS X 10.4 (Tiger) dan sebelumnya.

SketchUp 7

Dengan dirilisnya SketchUp 7 kami menghapus dukungan untuk Windows 2000 dan sebelumnya.

 

Link Download resmi : https://www.sketchup.com/try-sketchup

 

Harga Resmi :

Lisensi untuk mahasiswa adalah $55 atau setara Rp. 784.506,25 per tahun (per maret 2019 dengan 1 dolar = 14.263,75 rupiah). Harga ini adalah harga langganan per tahun.

https://www.sketchup.com/plans-and-pricing#for-higher-education

 

selain itu juga bisa didapat dari reseller indonesia dengan harga Rp. 600.000,00 :

http://www.wahyuesgroup.id/kios/sketchup-pro-2019-for-education-laptop-site-license/

 

untuk sketchup versi pro dan lisensi sepanjang masa / perpetual sebesar Rp. 10.250.000,00 dari reseller indonesia

http://www.wahyuesgroup.id/kios/sketchup-pro-2019-perpetual/

 

3dsMax

Deskripsi

3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.

3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.

Metode pemodelan

Ada 5 metode pemodelan dasar:

Pemodelan dengan primitif

NURMS(subdivision surfaces)

Surface tool

NURBS

Pemodelan polygon

Pemodelan dengan primitif

       Ini merupakan metode dasar, di mana seseorang membentuk model dengan menggunakan banyak kotak, bola, “cone”, silinder, dan objek yang telah disediakan lainnya. Seseorang juga dapat menerapkan operasi boolean, termasuk pengurangan, pemotongan, dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat dua bola yang dapat bekerja sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut “pemodelan balon”.

Mental Ray

       Mental Ray merupakan sebuah render engine (mesin untuk merender gambar atau video) yang terdapat pada program 3D Studio Max, selain render standar max yaitu “Default Scanline”. Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio Max sehingga tidak perlu menginstal secara terpisah. Mental ray mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi efek Global Illumination dan Indirect Illumination, selain itu dapat juga menggunakan shader pada permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain selain Mental Ray adalah V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan sebagainya. Semua render engine ini memiliki kelebihannya masing-masing.

Persyaratan Sistem :

Perangkat lunak Autodesk® 3ds Max Interactive didukung pada sistem operasi 64-bit berikut dan setidaknya, membutuhkan sistem dengan perangkat keras 64-bit berikut:

Sistem operasi

Microsoft® Windows® 7 (SP1), Windows 8.1, atau Windows 10

Perangkat keras

64-bit Intel® atau AMD® multi-core processor; Disarankan Intel Core i5 atau lebih tinggi.

Kartu video yang kompatibel dengan Microsoft DirectX® 11.

8 GB RAM atau lebih tinggi

4 GB ruang kosong untuk instalasi

Mouse tiga tombol

Harga Resmi adalah $1,505.00 atau setara Rp. 21.466.943,75 (per maret 2019 dengan 1 dolar = 14.263,75 rupiah). Harga ini adalah harga langganan per tahun.

Link Download Resmi : https://www.autodesk.com/products/3ds-max/free-trial

 

ArcGIS

Deskripsi :

ArcGIS Desktop (dengan ArcGIS Pro) memungkinkan Anda menganalisis data Anda dan menyusun pengetahuan geografi untuk memeriksa hubungan, menguji prediksi, dan terutama mengambil keputusan yang lebih baik.

ArcGIS Desktop tersedia dalam tiga tingkatan lisensi: Basic, Standard, atau Advanced. Tingkatan lisensi tersebut menggunakan aplikasi inti, antarmuka pengguna, dan lingkungan pengembangan yang sama. Setiap tingkatan lisensi menyediakan fungsi GIS tambahan bila Anda beralih dari Basic ke Standard ke Advanced.

ArcGIS Desktop termasuk: ArcGIS Pro ArcMap, ArcCatalog

Jenis Pengguna Creator ArcGIS Online dan 100 Service Credit

Pemeliharaan Tahun Pertama disertakan dalam pembelian lisensi ini. Pemeliharaan meliputi dukungan teknis, pembaruan, dan berbagai manfaat lainnya.

 

Persyaratan sistem :

ArcGIS Earth adalah aplikasi desktop yang dibangun di atas ArcGIS Runtime SDK untuk .NET dan berbagi persyaratan yang sama untuk target penyebaran seperti aplikasi lain yang dibuat dengan Runtime SDK.

ArcGIS Earth memerlukan Microsoft .NET Framework 4.6.1 dan Microsoft Visual C ++ 2015 Pembaruan Terdistribusi Ulang 3.

Platform yang didukung

ArcGIS Earth didukung pada platform Windows berikut:

Windows 10 Home, Professional, Enterprise, dan Education (64 bit [EM64T])

Windows 8.1 Basic, Pro, dan Enterprise (64 bit [EM64T])

Windows 7 SP1 Ultimate, Enterprise, Professional, dan Home Premium (64 bit [EM64T])

Windows Server 2012 R2 Standard dan Datacenter (64 bit [EM64T])

Windows Server 2012 Standar dan Datacenter (64 bit [EM64T])

Windows Server 2016 Standard dan Datacenter (64 bit [EM64T])

Windows Server 2008 R2 SP1 Standar, Enterprise, dan Datacenter (64 bit [EM64T])

catatan:

Perbarui platform jika Anda menjalankan ArcGIS Earth di Windows 7 atau Windows Server 2008 R2.

Persyaratan sistem operasi minimum untuk ArcGIS Earth di Microsoft Store adalah Windows 10 versi 14393.0.

DirectX

ArcGIS Earth menggunakan DirectX untuk menyediakan rendering peta berkinerja tinggi. DirectX menyediakan dukungan untuk perenderan perangkat keras dan lunak dari grafik dan disediakan oleh platform Windows yang didukung.

Level fitur Direct3D 9_3

Default: Dukungan perangkat keras DirectX 11

Kembali ke rendering perangkat lunak DirectX 11 jika dukungan perangkat keras tidak tersedia

Persyaratan perangkat keras

ArcGIS Earth memiliki persyaratan perangkat keras minimum berikut:

Kecepatan CPU: 2,2 GHz atau lebih tinggi; Direkomendasikan Hyper-Threading Technology (HTT) atau multicore.

Prosesor: Intel Pentium 4, Intel Core Duo, atau Prosesor Xeon; Minimum SSE2. Jalankan utilitas Microsoft ini dari prompt perintah Windows Anda untuk memeriksa prosesor Anda.

Ruang disk: 50 MB diperlukan untuk aplikasi, dan lebih banyak dibutuhkan untuk cache dan swap.

Memori / RAM: 2 GB atau lebih tinggi.

Tampilan: Kedalaman warna 24-bit.

Resolusi layar: 1024×768 atau lebih tinggi direkomendasikan pada ukuran normal (96 dpi).

Swap space: Ditentukan oleh sistem operasi; Minimum 500 MB. ArcGIS Runtime akan membuat file cache saat digunakan; ruang disk tambahan mungkin diperlukan.

Adaptor video / grafik: minimum 256 MB, direkomendasikan 1 GB; Mendukung NVIDIA, ATI, dan chipset Intel; driver kartu grafis akselerasi: minimum Shader Model 4.0. Pastikan untuk menggunakan driver terbaru yang tersedia.

Harga Resmi : Rp 36.652.000

Link Download Resmi : https://www.arcgis.com/home/index.html

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *