Kuesioner Pemahaman Visi dan Misi Program Studi Arsitektur Lanskap

Kuesioner Pemahaman Visi dan Misi Program Studi Arsitektur Lanskap

Visi dan misi program studi disusun sebagai pengembangan dari visi dan misi universitas, selain itu sebagai implementasi dari identitas atau pembeda dengan intitusi lainnya yaitu menjadi universitas kerakyatan, yang berkompeten dan berkualitas. Misi Universitas Tribhuwana Tunggadewi adalah; (a) menyelenggarakan proses pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang bertaqwa, berkompeten, berkualitas serta berdaya saing; (b) melakukan pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi, humaniora dan seni guna meningkatkan taraf kehidupan.

Penjabaran visi, misi, tujuan, sasaran, dan strategi pencapaian program studi dilakukan melalui rapat kerja tingkat program studi dan fakultas. Mekanisme pengaturan dan penetapan visi misi program studi dilaksanakan dengan melibatkan seluruh sivitas akademika dan yang akan dibahas pada forum senat dan ditetapkan melalui surat keputusan Dekan. Adapun tahapan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Arsitektur Lanskap secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut:

Pertama, dilakukan pembentukan tim perumus yang disahkan oleh Dekan. Formasi tim perumus adalah Dekan, Ketua Program Studi, anggota senat fakultas dan para Dosen.

Kedua, Diskusi dan Pembahasan yang mendalam terhadap masukan visi-misi terbaru yang memenuhi kaidah-kaidah kejelasan, realistik dan keterkaitan antar substansi untuk mencapai keberhasilan program studi secara berkelanjutan. Pembahasan dilaksanakan dalam bentuk diskusi dosen dalam forum formal yang dikoordinasikan oleh KPS dan Dekan. Sampai tahap ini, tim perumus telah siap untuk mengajukan rumusan visi-misi program studi ke forum senat fakultas.

Ketiga, Penetapan visi, misi dan tujuan serta sasaran oleh senat fakultas, yang didahului oleh penjelasan singkat dari Tim Perumus. Keputusan final terhadap visi-misi program studi selanjutnya siap ditetapkan melalui SK Dekan.

Keempat, Sosialisasi visi, misi dan tujuan serta sasaran kepada seluruh sivitas akademika melalui berbagai media internal dan eksternal kampus.

Sebagai upaya sosialisasi visi misi program studi Arsitektur Lanskap, dibutuhkan instrumen untuk mengukur tingkat pemahamannya. Sebelum lebih jauh menuju kuesioner yang dimaksud, sedikit diulang kembali visi dan misi sebagai berikut :

VISI :

Menjadi program studi penyelenggara proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang Arsitektur Lanskap yang berwawasan budaya, yang profesional, unggul, dan terkemuka di Nusantara

MISI :

  1. Mendidik mahasiswa menjadi calon arsitek lanskap yang faham akan profesinya yang mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan, dan peka terhadap kebutuhan masyarakat.
  2. Meningkatkan kualitas lulusan yang siap berkembang menjadi anggota masyarakat intelektual yang mampu mencapai derajat ilmu pengetahuan yang setinggi-tingginya.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemandirian dan kompetitif.
  4. Membentuk pribadi yang baik akan etos kerja tinggi, terbuka dan kejujuran dalam perilaku
  5. Meningkatkan kualitas pendidikan melalui sumberdaya akademik yang dimiliki; yang mencakup jumlah dan kualitas penelitian, publikasi ilmiah, pelayanan pada
  6. Meningkatkan kualitas para pendidik, serta kuantitas dan kualitas fasilitas laboratorium
  7. Meningkatkan layanan dan pendampingan akademik melalui sistem administrasi yang handal

TUJUAN :

  1. Menyiapkan tenaga akademik Arsitektur Lanskap yang berkualifikasi S2 dan S3.
  2. Menyiapkan, melaksanakan, dan melakukan kerja penelitian serta mendorong perbaikan pengajaran melalui publikasi penelitian yang berupa buku referensi (buku ajar) dan/atau artikel lingkup lokal, nasional, maupun internasional.
  3. Menyiapkan peserta didik menjadi lulusan yang menguasai dasar-dasar keilmuan dan
  4. Menyiapkan lulusan yang memahami budaya daerah pada pengembangan dan implementasi disiplin ilmu Arsitektur Lanskap.
  5. Menyiapkan peserta didik yang kreatif dan mampu berkomunikasi efektif dalam pengembangan IPTEK, lingkup pekerjaan Arsitektur Lanskap, dan masyarakat.
  6. Membina,mengevaluasi, dan mengembangkan kurikulum, pelayanan dan pendampingan, serta pembelajaran melalui sistem monitoring dan penjaminan mutu.
  7. Menyusun data induk dan sistem informasi akademik untuk menuju sistem pelayanan administrasi yang efektif dan efisien.
  8. Menyiapkan sarana laboratorium penelitian, praktek, dan kebutuhan penyelesaian tugas akhir yang terpercaya dan handal.
  9. Membangun hubungan akomodatif dengan organisasi kependidikan dan profesional.

KUESIONER :

  1. isian untuk DOSEN
  2. isian untuk PEGAWAI/STAFF/LABORAN/TEKNISI
  3. isian untuk MAHASISWA

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *