BIRO KEMAHASISWAAN UNITRI SOSIALISASIKAN PERPANJANGAN BEASISWA KEPADA MAHASISWA

BIRO KEMAHASISWAAN UNITRI SOSIALISASIKAN PERPANJANGAN BEASISWA KEPADA MAHASISWA

MALANG – Biro Kemahasiswaan Universitas Tribhuwana Tunggadewi (UNITRI) Malang menggelar kegiatan sosialisasi Perpanjangan Beasiswa UNITRI secara online melalui zoom meeting dan dapat disaksikan di youtube Humas UNITRI Malang dan UNITRI TV, Kamis (14/04). Dalam kegiatan tersebut, biro kemahasiswaan menjelaskan berbagai jenis penawaran beasiswa kepada mahasiswa serta menjelaskan berbagai syarat yang perlu di penuhi oleh mahasiswa yang melakukan perpanjangan dan pendaftaran beasiswa.

Kepala Biro Kemahasiswaan UNITRI, Dr Zuhdi Ma’sum, ST.MT menyampaikan, Biro kemahasiswaan akan terus mengembangkan beasiswa yang dapat diterima oleh mahasiswa UNITRI. Tak hanya pemerintah, ke depan, UNITRI juga akan mengembangkan beasiswa dari sektor swasta yang mungkin concern kepada minat bakat mahasiswa. Ia juga mengingatkan mahasiswa untuk tepat waktu dalam mengurus beasiswa baik dari pendaftaran hingga pencairan beasiswa.

“Saya ingatkan juga kepada mahasiswa untuk menyelesaikan persyaratan tepat waktu sehingga hal tersebut memudahkan mahasiswa dalam pengurusan beasiswa dan pencairan beasiswa. Saya harap sosialisasi ini tidak berhenti di kalian, tapi sebisa mungkin disebarkan ke mahasiswa lainnya. Beasiswa ini terdiri dari dua mekanisme yakni perpanjangan beasiswa dan membuka beasiswa atau pendaftaran baru untuk mahasiswa yang belum mendapatkan beasiswa. Kesempatan ini harus dimanfaatkan betul-betul.”

Dalam pertemuan tersebut, Kabag kesejahteraan dan Beasiswa biro Kemahasiswaan UNITRI, Farah Mutiara, SP., MP menjelaskan, mekanisme perpanjangan beasiswa UNITRI wajib dilakukan oleh seluruh penerima beasiswa setiap tahunnya. Mulai tahun 2021, mahasiswa penerima beasiswa UNITRI yang meliputi beasiswa dari UNITRI, KIP Kuliah, dan Bidik Misi tidak lagi mengumpulkan berkas dalam bentuk dokumen fisik, melainkan upload berkas di aplikasi BISMA yang merupakan aplikasi transaksi perpanjangan beasiswa secara online, mahasiswa yang sudah mendapatkan beasiswa dapat melakukan registrasi dan melengkapi persyaratan secara mandiri.

Adapun syarat yang diperlukan untuk upload BISMA diantaranya Mahasiswa memiliki IpK 2 Semester terakhir lebih dari 3,00 (dibuktikan dengan KHS), Prestasi mahasiswa, SKTM terbaru yang ditandatangani dan distempel basah, KTP, KK, KTM atau surat aktif keterangan kuliah, dan BPJS jika ada. Semuanya wajib di upload dan di scan sesuai dengan syarat yang diterapkan. Tak hanya itu, beliau juga mengingatkan kepada mahasiswa untuk teliti sebelum mengupload dokumen mengingat banyak kasus terjadi karena berkas salah unggah atau tidak sah sehingga menyebabkan mahasiswa tidak lolos perpanjangan beasiswa.

“Selama proses upload, banyak sekali dokumen yang tidak lolos atau tidak sah dalam proses perpanjangan. Hal-hal yang sering dialami mahasiswa diantaranya KHS tidak ditandatangani dekan dan tidak ada stempel, IPK kurang dari 3,00, SKTM tidak ada nomor surat, tanggal, bulan, tahun terbaru, tidak diketik dan tidak ditandatangani pejabat berwenang, hingga hasil scan tidak terbaca dengan jelas.”

Sementara itu, Kabag Teknologi Informasi dan Komunikasi UPT TIK, Heru Supranoto menjelaskan terkait teknis perpanjangan beasiswa melalui website bisma.unitri.ac.id. Mulai dari pendaftaran perpanjangan hingga upload dokumen kegiatan dijabarkan sesuai dengan tutorial.

“Bagi mahasiswa yang telah mendapatkan beasiswa NIMnya sudah terdaftar di sistem bisa langsung mendapatkan notifikasi terkait beasiswa yang didapatkannya di semester sebelumnya dan tinggal melakukan registasi. Sedangkan bagi mahasiswa yang baru mendaftarkan beasiswa, dapat melakukan proses selanjutnya sesuai dengan tutorial.”

Seperti diketahui, perpanjangan beasiswa UNITRI akan berlangsung mulai 25 April 2022-30 Juni 2022 dengan Ajuan baru dimulai pada 1 Juli-14 Juli 2022. Biro beasiswa kemahasiswaan juga menerima Layanan Komplain mulai 15 Juli-25 Juli 2022. Sementara untuk hasil pengumuman perpanjangan dapat diterima mahasiswa pada 3 Agustus 2022. (HUMAS)


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *