Ini Dia 5 Taman Singapura Yang Enak Buat Ngadem, Salah Satunya Warisan Dunia

Ini Dia 5 Taman Singapura Yang Enak Buat Ngadem, Salah Satunya Warisan Dunia
by

Siapa sih yang tidak mengenal Negara Singapura?, sebuah Negara di ujung selatan Semenanjung Malaya yang merupakan pusat keuangan terdepan ketiga di dunia. Sebuah kota yang berperan penting dalam keuangan dan perdagangan internasional. Hal tersebut tidak terlepas dari industri pariwisata disana yang sangat berkembang pesat.

Singapura telah tercatat sebagai Negara yang memiliki tujuan wisata paling menarik. Diantara gedung-gedung tinggi pencakar langit, ada banyak wisata alam dengan pohon-pohon rindang yang bisa kita kunjungi. Berikut ini 5 rekomendasi wisata alam di Singapura yang menawarkan lokasi rekreasi secara gratis.

1. Menjelajah Sejarah di Singapore Botanic Gardens

Photo by Singapore Tourism Board

Taman Botanical Garden Singapore adalah taman botani yang dibuka pada 1859 oleh Agri-Horticultural Society. Tepatnya 160 tahun yang lalu dan termasuk salah satu situs warisan dunia versi UNESCO.

Taman ini mencerminkan gaya tropis kolonial ala Inggris untuk wadah konservasi dan penelitian. Terdapat banyak sejarah yang berada didalamnya. Hingga berbagai bunga yang ada disana diberi nama dari berbagai tokoh yang pernah datang seperti Princess Diana, Margaret Thatcher, Queen Elizabeth II dan Kaisar Akihito.

Photo by Travel Singapura

Taman seluas 60 hektar ini juga termasuk rumah bagi National Orchid Garden yang merupakan taman reservasi bunga Anggrek seluas 3 hektar dengan 600 spesies dan hybrid. Dengan berbagai jenis anggrek yang berwarna-warni membuat zona ini memiliki daya tarik tersendiri.

Selain untuk melihat tanaman, taman Singapore Botanical Garden juga dapat digunakan untuk tempat jogging, piknik, foto pre-wedding dan bahkan kita bisa menikmati konser musik secara gratis.

Photo by National Parks Board

Lokasi: 1 Cluny Rd, Singapore 259569
Jam buka: 05.00 – 24.00 (setiap hari)

2. Bersantai bareng Keluarga di Pasir Ris Park

Photo by National Parks Board

 

Pasir Ris Park adalah pilihan paling tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Anak-anak sampai orang dewasa gak akan kehabisan aktifitas di taman ini, walaupun berkunjung seharian penuh. Kita bisa bermain sepatu roda, bersepeda, olahraga air, menyewa barbeque sampai kuda poni.

Gak hanya fasilitas modern, Pasir Ris Park juga cocok untuk pecinta alam karena terdapat hutan mangrove seluas 6 hektar. Menara setinggi tiga lantai juga tersedia untuk mengamati beraneka jenis burung berkativitas di habitat alami mereka.

Photo by National Parks Board

Taman ini juga dilengkapi area playground yang luas dengan berbagai macam permainan. Ayunan, perosotan, jembatan, rintangan berbukit, labirin mini, akan membuat semua anak betah berlama-lama di sini. Orang tua gak akan keberatan karena bisa membahagiakan anak tanpa harus keluar uang banyak.

Hal yang bisa dilakukan di Pasir Ris Park:
– Bersepeda dan meluncur dengan sepatu roda
– Menulusuri hutan mangrove
– Makan di restoran taman
– Melihat burung dari menara
– Camping

Photo by National Parks Board

Lokasi: sepanjang Pasir Ris Road sampai Jalan Loyang Besar
Jam buka: 07.00 – 19.00

3. Refleksi Diri di Kent Ridge Park

Photo by National Parks Board

Kent Ridge Park adalah taman yang tepat untuk menemukan ketenangan di tengah kesibukan Singapura. Kita akan segera lupa dulunya area taman ini merupakan medan pertempuran di perang dunia II setelah merasakan hembusan angin sejuk di antara pepohonan rindang. Tempatnya jarang ramai pengunjung sehingga kita bisa banyak menemukan waktu buat diri sendiri.

Mengarahlah ke bagian atas taman untuk menelusuri jalanan yang sepanjang sisinya tumbuh pohon-pohon cantik. Telusuri sampai kamu menemukan titik untuk melihat garis pantai dari atas, mungkin kamu bisa membayangkan bagaimana daerah itu sangat mendukung strategi perang di masa lalu.
Photo by National Parks Board

Uniknya, Kent Ridge Park punya jalur sepanjang 280 meter ke Pepys Road di mana kita bisa melanjutkan perjalanan ke Hortpark, Telok Blangah Hill Park, dan Mount Faber sebagai bagian dari Southern Ridges Walk.

Hal yang bisa dilakukan di Kent Ridge Park:
– Menikmati pepohonan rindang
– Berjalan di atas kanopi
– Bersepeda gunung
– Olahraga di area fitnes
– Menelusuri sejarah di Bukit Chandu

Lokasi: Vigilante Dr, Singapura 118176
Jam buka: 7 x 24 jam

4. Bersantai di Pantai East Coast Park

Photo by Singapore Tourism Board

Ini dia salah satu taman terluas di Singapura, mungkin satu hari aja keliling East Coast Park belum akan cukup. Tamannya memanjang dari kota sampai Xilin Avenue lengkap dengan pemandangan pantai selatan yang berpasir putih.

Tapi tenang aja, kita gak akan tersesat di sini kok gan. Area-area dari taman dilabeli dengan huruf A sampai H, sehingga kita bisa selalu tau apa transportasi terbaik buat masuk atau keluar taman.
Photo by National Parks Board

Area A adalah zona yang paling dekat dengan kota sedangkan area H adalah zona yang paling dekat dengan Changi. Kamu bisa memasukkan East Coast Park ke itinerary setelah datang atau sebelum meninggalkan Singapura.

Hal yang bisa dilakukan di East Coast Park:
– Main di pantai pasir putih
– Mencoba olahraga air
– Meluncur dengan skateboard
– Memancing
– Barbeque bersama keluarga
Photo by Singapore Tourism Board

Lokasi: E Coast Park Service Rd, Singapura
Jam buka: 7 x 24 jam

5. Bersatu dengan Alam di Coney Island Park

Photo by National Parks Board

Taman selanjutnya memang lain dari yang lain. Tempatnya agak terisolasi, tapi justru itu yang membuat Coney Island Park layak dikunjungi. Area hijau ini juga menyimpan jalur-jalur yang belum pernah ditelusuri sebelumnya sehingga cocok untuk jiwa petualang.

Dulunya pulau ini cuma bisa dikunjungi dengan kapal, tapi sekarang sudah ada dua jembatan yang terhubung ke Coney Island. Walaupun titik terdekat pulau ini hanya berjarak 100 meter dari daratan Singapura, kamu tetap akan mendapatkan nuansa alam yang gak tersentuh tangan manusia.
Photo by National Parks Board

Tapi bukan berarti taman ini benar-benar gak ada kehidupan ya, Gan. Hanya saja memang dikondisikan sedemikian rupa supaya alamnya tetap terjaga. Jalanan disediakan buat kamu yang ingin bersepeda, trotoar di pinggir laut bisa kamu manfaatkan buat memandang kapal-kapal yang melewati tepi Johor.

Hal yang bisa dilakukan di Coney Island Park:
– Foto di depan gerbang ikonik Coney Island
– Berkeliling dengan sepeda
– Bertemu berang-berang dan banteng
– Uji tangkas di Casuarina Exploratory
– Bersantai di pantai pasir putih
Photo by Coney Island

Lokasi: Punggol Promenade Nature Walk, Singapura 829325
Jam buka: 07.00 -19.00 (setiap hari)

Gak cuma sebagai alternatif tempat ngadem di Singapura, taman-taman ini juga bisa masuk itinerary buat liburan yang lebih ekonomis. Kamu gak perlu membayar sepeserpun buat menikmati alam Singapura, bahkan untuk mengisi perut lebih baik bawa bekal aja.

Buang jauh-jauh mindset kalau liburan di Singapura itu mahal. Asalkan tau mana aja tempat yang bisa kamu maksimalkan, dijamin jalan ke Kota Singa bukan lagi sekadar angan-angan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA ImageChange Image