Kegiatan Pendampingan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019, Bidang Landscaping dan Gardening

Kegiatan Pendampingan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2019, Bidang Landscaping dan Gardening

Lomba Ketrampilan Siswa merupakan pengujian ketrampilan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Program Keahlian Agrobisnis Tanaman dengan menerapkan metode evaluasi wawasan kejuruan, praktik dan presentasi dengan suasana arena lomba yang bersifat demonstratif. Dalam kegiatan ini peserta melakukan aktivitas pembuktian diri dalam kompetensi : pemahaman wawasan pengembangan lanskap yang meliputi pembuatan atau membaca desain taman, pemilihan bahan taman (material lunak dan keras), pembuatan taman, pemeliharaan dan pengembangan taman.

Peran prodi Arsitektur Lanskap dalam kegiatan ini adalah pendampingan dan kerjasama dengan SMK NU Sunan Ampel, Poncokusumo, Kabupaten Malang. Kegiatan ini dimulai tanggal 11 April 2019 dengan pemateri Bapak Hendra Kurniawan, SP.,M.Ling beserta Bapak Rizki Alfian, S.SArl.,MSi, dan peserta beberapa siswa yang terpilih. Sampai saat ini kegiatan masih berlangsung, dan sesuai dengan track record sebelumnya, hasil pendampingan dengan prodi Arsitektur Lanskap sanggup menembus final dan mendapatkan juara.

Adapun tema yang diambil sebagai lomba adalah ‘Taman dalam Hunian di Lahan Perkotaan yang Terbatas’. Beberapa bidang yang dibahas dalam LKS ini antara lain :

  1. Ujian tertulis akan bidang lanskap dan pertamanan
  2. Perencanaan taman
  3. Pembacaan rencana taman
  4. Mempersiapkan komponen taman
  5. Konstruksi taman
  6. Pemeliharaan taman
  7. Penyemaian benih
  8. Kerja sama, kualitas dan keselamatan kerja


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *