Apa itu Kelas Online ?

Apa itu Kelas Online ?

Saat ini kemajuan teknologi memungkinkan banyak interaksi pembelajaran tidak perlu dilakukan secara langsung dengan tatap muka. Teknologi E-Learning atau kuliah online saat ini sudah mulai banyak ditawarkan. Pendidikan jarak jauh(PJJ) ini memiliki beberapa kelebihan tersendiri dibandingkan metode perkuliahan dengan tatap muka secara langsung. Metode belajar online ini cocok bagi pekerja-pekerja yang hanya memiliki waktu luang di akhir pekan dan di jam-jam setelah pulang kantor.

Pendidikan secara E-Learning dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat komputer atau laptop yang terhubung dengan koneksi internet. Sistem yang terintegrasi dengan baik membuat siswa dapat memperoleh semua informasi perkuliahan yang dibutuhkan dan mampu melaksanakan sistem pembelajaran dengan baik. Output yang diperoleh dari sistem pembelajaran ini juga tidak kalah dengan perkuliahan konvensional.

Kelebihan yang Ditawarkan oleh Sistem E-Learning

Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh sistem pembelajaran online ini, diantaranya :

  1. Jadwal kuliah fleksibel

Sistem E-Learning memungkinkan siswa untuk mengatur jadwal sendiri. Jadwal belajar fleksibel ini didukung dengan akses materi yang bisa dilakukan dari mana pun dan kapan pun.

  1. Ritme belajar sesuai kemampuan siswa

Kegiatan belajar yang dilakukan secara individu membuat siswa dapat menyesuaikan dengan kemampuan diri masing-masing. Siswa bisa mengulang materi sampai beberapa kali sesuai dengan kebutuhan. Hal ini salah satu yang tidak bisa didapatkan dari sistem pembelajaran tatap muka di dalam kelas.

  1. Siswa dapat memahami materi dengan lebih baik

Tiap-tiap siswa biasanya memiliki waktu-waktu tersendiri saat konsentrasi dan fokus mereka berada pada kondisi paling optimal. Waktu belajar yang fleksibel dapat dimanfaatkan siswa untuk melaksanakan proses belajar pada waktu-waktu yang tepat agar pemahaman materi dapat terjadi lebih cepat dan mudah.

  1. Lebih hemat tenaga, biaya serta waktu

Perkuliahan online bisa dilakuan dari mana saja seperti di rumah, di kantor atau di tempat lainnya. Model perkuliahan ini akan sangat menghemat biaya transportasi, tenaga serta waktu yang biasanya diperlukan untuk perjalanan ke tempat kuliah konvensional.

  1. Berkesempatan untuk belajar dari pengajar-pengajar terbaik di bidangnya

Sistem kuliah online memungkinkan siswa belajar dari dosen-dosen terbaik yang tergabung di dalam sistem ini. Semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk dapat memperoleh materi pembelajaran dari pendidik terbaik yang telah memenuhi standar seleksi.

Kekurangan Sistem E-Learning

  1. Membutuhkan koneksi internet atau kuota yang cukup banyak
  2. Tidak semua mahasiswa atau dosen bisa mengoperasikan
  3. Cenderung kurang interaktif, namun jika menggunakan aplikasi video streaming akan lebih efektif semacam instagram, zoom, youtube dan sebagainya

Saat ini mahasiswa arsitektur lanskap seharusnya bisa menguasai software google classroom, jika belum bisa dilihat panduan berikut 

Download

Perpanjangan kuliah online dan segala macam adminstrasi sampai tanggal 18 april 2020 bisa didownload pada surat edaran berikut 

Download 1

Download 2

sumber bacaan : https://pintaria.com/blog/mengenal-apa-itu-elearning-sistem-edukasi-daring-yang-simple-and-efektif!


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *